<$BlogRSDUrl$>
piye kabare mudika kentungan
kentungan youth which the people still funny on this day n tomorrow...

Katedral Bandung Euy...

Saturday, January 15, 2005
"Datanglah KepadaKu Kau yang Lelah dan Memikul Beban Berat". Tulisan itu terpampang jelas dan besar diatas altar Gereja Santo Petrus Katedral Bandung, Jawa Barat. Seperti bangunan Katedral pada umumnya di Indonesia yang saya temui, kecuali Katedral Semarang yang belum sempat saya singgahi, arsitektur gerejanya bernuansa Eropa. Langit-langit yang tinggi, mozaik-mozaik yang beraneka ragam dan cerita, hingga ukiran patung mulai dari Santo Ignatius dari Loyola, Bunda Maria, Jesus hingga Santo Petrus ada didalam ruangan gereja yang dibangun pada 19 Februari 1922 itu.



Altarnya sungguh indah. Lagi-lagi patung yang menghiasi tabernakel. Misa di Katedral Bandung sungguh nyaman! Sayangnya, gereja Katedral ada dipinggir rel kereta api. Jadi, kudu konsen berdoa meski kereta api sering lewat. Dulu, ketika tahun 2000, saya mengunjungi gereja itu, pasturan yang sekarang dibangun dengan arsitektur unik ini belum ada. Sekarang, komplit! Sampe-sampe dibangun pula toko yang menjual peralatan misa. Selain banyak umat yang datang setiap misa, Katedral juga termasuk aman karena ada di pusat kota dan berseberangan dengan Polwiltabes Bandung, Pemerintah Kota Bandung dan Bank Indonesia.



Sayangnya, saya harus pindah dari Panghegar, hotel tempat saya menginap yang bersebelahan persis dengan Katedral, ke Hotel Karang Setra, Bandung Utara. Cukuplah mengelilingi Kota Bandung delapan hari. Jadi, kalo ke Bandung, jangan lupa misa di Katedral Bandung ya. Jangan ke factory outletnya mulu'...hehehe... [pejantan tangguh]
3:45 AM :: ::
0 Comments:
Post a Comment
<< Home

mudika :: permalink