<$BlogRSDUrl$>
piye kabare mudika kentungan
kentungan youth which the people still funny on this day n tomorrow...

Bus Jepang...

Saturday, June 25, 2005
Nyaman jugak kalo [sekali waktu aja] bisa duduk santai di bus kota di Jakarta meski jam sibuk [gue naek pas jam pulang kantor, sekitar pukul 17.30-an]. Beruntung aja dapet tempat duduk yang empuk. Bis Jepang yang mulai beredar diseluruh Jakarta pada 2002 silam emang gak banyak dipilih orang yang sibuk berlalu-lalang di ibukota. Padahal, bus Jepang ini tergolong enak. Badan bus lebih lebar, tempat duduknya satu-satu, lampunya terang banget, ada handlenya kalo berdiri. Kalo aja ada orang difable [cacat, pake kursi roda misalnya] ada juga tempat untuk naek busnya. Seenggaknya, bus Jepang mirip busway.

Cuman, karena bus asalnya dari Jepang yang udah gak make lagi angkutan massal ini dan dibeli oleh Pemprov DKI Jakarta, semua tulisan yang ada didalam bus, entah itu peringatan atau larangan, hurufnya kanji semua..hehe.. Jadi susah bacanya..



Sayangnya, selain jalur yang dipilihnya sepi penumpang karena harus beradu dengan bus-bus kota reguler lain yang udah ada sebelomnya, ongkos bus Jepang pun tergolong mahal, sama kayak busway, Rp 2500! Bedanya, kalo busway rute Blok M-Kota pake jalur sendiri dan gak kenal macet. Tapi kalo bus Jepang, jalurnya ya jadi satu ama yang laen. Satu macet, bus Jepang pun ikut macet.



Ehm, kebetulan aja jalur yang gue naekin emang punya "jalur kurus", alias sepi penumpangnya, Pulo Gadung-Lebak Bulus [beda kalo bus Jepang dari Kampung Rambutan-Grogol yang banyak penumpangnya, sampe-sampe copet sering 'beraksi' di bus itu..hehe..]. Kalo udah liat film "Ungu Violet", si Lando sempat motret copet yang sedang beraksi diatas bus Jepang. Tuh dia... Kalo sepi emang nikmattt banget. Pas Jakarta diguyur ujan deres lagi..



Bayar ongkosnya pas naek [ada kotak khususnya] ato langsung diserahin ke sopir. Ntar kalo bayarnya pake duit gede, si sopir bakalan teriak, "...kembali 2500..." [buat yang bayar pake 5rebuan], ato, "...kembali 7500..." [buat yang bayar pake 10rebuan] dan begitu seterusnya.. Tapi kalo 'jalurnya gemuk', si sopir selalu ditemenin minimal satu kondektur buat narik ongkos para penumpang.



Balik lagi ke cerita gue, begitu melintasi Terminal Blok M, ada pengamen yang basah-kuyup. Eh lagu-lagunya romantis [padahal tampang dan dandanan yang super sangar..hihihihii...]. Salah satu lagunya "Menanti Sebuah Jawaban" (Padi). Balik ke "Ungu Violet" gue ceritanya..hehe.. Ya paling enggak, jadi hiburan buat gue yang dua hari liputan gagal terus nembus narasumber..hehe.. [thekimins...buat yang lagi weekend (ato kerja?) di Cirebon, ngati-ati yah...eitttsss, oleh-olehnya ditunggu..hehe..]
5:09 AM :: ::
0 Comments:
Post a Comment
<< Home

mudika :: permalink